Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, DKI Gelar Pasar Rakyat

Kompas.com - 18/07/2011, 16:14 WIB
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menekan kenaikan harga sejumlah bahan pangan menjelang Ramadan, pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengadakan pasar rakyat sebanyak lima kali di empat wilayah DKI Jakarta. Pasar Rakyat juga digelar menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Tiap wilayah pasar rakyat akan diadakan selama dua hari. Setiap harinya akan menyediakan sembilan bahan pokok," kata Kepala Bidang Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Dinas KUMKM dan Perdagangan DKI Jakarta Irwandi, Senin (18/7/2011) di Jakarta.

Adapun komoditi yang disediakan dalam Pasar Rakyat berupa minyak goreng sebanyak 20.000 ton serta 2.500 paket sembako dengan harga Rp 20.000 per paket dari harga semula Rp 40.000. Adapun untuk beras dan gula, tentang penyediaannya di pasar rakyat masih dirapatkan lagi.

Pelaksanaan Pasar Rakyat tersebut tidak dilakukan secara serentak di semua wilayah. Dari lima rencana Pasar Rakyat, empat di antaranya digelar menjelang dan selama Ramadan. Sisanya digelar menjelang Natal dan Tahun Baru 2012.

Irwandi mengatakan, Pasar Rakyat pertama akan digelar di Jakarta Pusat pada 26-27 Juli. Dilanjutkan pada 3-4 Agustus di Jakarta Selatan dan 15-16 Agustus di Jakarta Barat. Kegiatan yang sama diadakan di Jakarta Utara pada 18-19 Agustus, disusul Jakarta Timur pada 7-8 Desember. Lokasi pasar di tiap wilayah masih dalam tahap pembahasan.

Dalam melaksanakan pasar rakyat ini, Dinas KUMKM-P bekerja sama dengan Aprindo, Asosiasi Minyak Goreng (Gapmi), Asosiasi Gula (AGRI), Sarinah, serta Suku Dinas KUMKM-P di lima wilayah kota administrasi. Selain komoditi pangan, komoditi sandang juga disediakan saat pelaksanaan Pasar Rakyat ini.

Pemprov DKI Jakarta memastikan stok sembako di Ibu Kota aman jelang Ramadan hingga perayaan Idul Fitri 1432 H nanti. Masyarakat diimbau agar tidak perlu cemas akan terjadi kelangkaan yang mengakibatkan sulitnya memperoleh sembako di pasaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.