Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tahun Sambungkan Busway dan Stasiun

Kompas.com - 21/07/2011, 15:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam rangka peningkatan utilisasi jaringan kereta api listrik (KRL) Jabodetabek, sembilan stasiun kereta api akan dibuat terintegrasi dengan delapan koridor transjakarta. Perlu waktu tujuh tahun untuk mengintegrasikan moda transportasi tersebut.

"Dengan adanya pengintegrasian moda transportasi kereta api dengan moda transportasi lain ini diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk berpindah ke angkutan massal," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono saat Temu Unsur Evaluasi Revitalisasi Kereta Api Jabodetabek di Gedung Prasada Sasana Karya, Jakarta, Kamis (21/7/2011).

Adapun sembilan stasiun tersebut adalah Stasiun Sudirman, Jakarta Kota, Juanda, Gambir, Mampang, Matraman, Tomang, Tanjung Priok, dan Pasar Senen. Rencana pengintegrasian moda transportasi ini ditargetkan berlanjut selama tujuh tahun mulai 2012 hingga 2019.

"Setelah integrasi busway dengan kereta api Jabodetabek terlaksana, nanti akan dilanjutkan dengan rencana pelaksanaan integrated ticketing system," tutur Pristono.

Untuk mewujudkan hal tersebut, langkah-langkah persiapan yang telah dilakukan meliputi uji coba electronic data capture (EDC) Jakcard oleh Bank DKI dan Badan Layanan Umum Transjakarta, pembentukan tim kerja implementasi Jakcard, pelatihan petugas, sosialisasi kepada masyarakat dan mobilisasi, serta instalasi khususnya koridor I, II, dan VI sebanyak 80 unit.

Sementara itu, Kepala Sie Angkutan Penumpang Divisi Jabodetabek PT Kereta Api Indonesia Bey Arif mengatakan, untuk pengintegrasian ini akan diterapkan di Stasiun Gambir pada 2012. Langkah tersebut diawali dengan pembangunan selasar dari Gambir menuju halte busway terdekat.

"Sebelumnya kan tidak ada selasarnya, jadi bagi penumpang kereta yang ingin naik busway saat menuju halte dari stasiun sering terhalang hujan. Jadi, kami coba fasilitasi ini," ujar Arif.

Tidak hanya itu, nantinya akan dibangun 10 stasiun park and ride. Stasiun ini meliputi Stasiun Bogor, Depok, Serpong, Bekasi, Sudimara, Pondok Ranji, Rawabuntu, Poris, Tangerang, dan Jurang Mangu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com