Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngider Jakarta Petakan Jalur Sepeda

Kompas.com - 22/07/2011, 15:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati HUT DKI Jakarta ke-484, komunitas sepeda Back To Bike dan Forum Pemuda Betawi menyelenggarakan Ngider Jakarta 484 Km atau Jakarta Rolling Thunder 484 K. Kegiatan ini diikuti oleh 484 pesepeda yang akan mengelilingi Jakarta sepanjang 484 km selama tiga hari berturut-turut, yakni 22, 23, 24 Juli 2011.

"Dalam event ini, kami tidak hanya sekadar jalan naik sepeda, tapi juga kampanye sepeda sebagai sarana transportasi murah, sehat, dan ramah lingkungan," kata Ketua Pelaksana Ngider Jakarta 484 km Benhur Panjaitan, Jumat (22/7/2011) di Jakarta Pusat.

Benhur menambahkan, kegiatan tersebut juga diadakan sebagai bagian dari rencana untuk membuat lajur sepeda di Jakarta dan buku panduan bersepeda dwibahasa di Jakarta. Pemetaan lajur dan fasilitas sepeda ini nantinya dapat menjadi masukan bagi pemerintah daerah untuk menyiapkan sarana dan prasarana sepeda sesuai dengan keinginan para pesepeda.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo yang berkesempatan membuka acara tersebut menyambut gembira dapat melepas para pesepeda ngider Jakarta 484 km di halaman Balai Kota Jakarta hari ini.

"Masyarakat Jakarta perlu hidup sehat dan lingkungan yang bersih. Bersepeda adalah cara yang baik untuk mewujudkan itu. Dari perjalanan 484 km ini, nanti akan ada alternatif lajur-lajur sepeda di wilayah Jakarta," ujar Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Fauzi Bowo juga mengapresiasi para pesepeda yang mengikuti acara ini karena sebagian besar bukan lagi anak muda. Ia pun berharap agar kedisiplinan para pengemudi kendaraan dapat ditingkatkan sehingga tidak ada lagi korban yang jatuh di jalan raya.

"Harapan saya agar ada respons baik dari semua masyarakat untuk disiplin berlalu-lintas. Untuk peserta Ngider Jakarta 484 km, kalau ada jalur busway, jangan dimasukin ya," pesan Foke.

Kegiatan ini akan dibagi dalam lima etape yaitu, etape I sepanjang 80 km berangkat dari silang Monumen Nasional Jakarta pada Jumat (22/7/2011). Etape kedua sepanjang 80 km dimulai dari Thamrin City pada hari yang sama pukul 20.00.

Untuk etape III sepanjang 135 km, perjalanan dimulai dari Lapangan Menteng, Jakarta Pusat, pada Sabtu (23/7/2011) pukul 07.00. Dilanjutkan dengan etape IV sepanjang 135 km dari Tugu Proklamasi pada hari yang sama pukul 15.00.

Etape terakhir ditempuh sepanjang sepanjang 54 km, dimulai dari Jalan Blora pada Minggu (24/7/2011) pukul 07.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com