Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Sekolah Libur Awal Ramadhan

Kompas.com - 27/07/2011, 20:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejalan dengan bulan Ramadhan, para siswa sekolah di DKI Jakarta akan diliburkan pada awal Ramadhan, yaitu terhitung mulai dari tanggal 1 hingga 3 Agustus mendatang.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto, libur di awal Ramadhan merupakan tahap adaptasi bagi para siswa sekolah tersebut. "Menjelang Lebaran, siswa juga akan diliburkan selama enam hari sebelum dan sesudah hari raya Idul Fitri," kata Taufik di Jakarta, Rabu (27/7/2011).

Tidak hanya libur, jam belajar untuk para siswa juga dikurangi selama Ramadhan. Nantinya, setiap jam pelajaran akan dikurangi selama 10 menit dari 45 menit tiap jam pelajaran.

Dengan kata lain, selama Ramadhan setiap jam pelajaran hanya 35 menit. "Berarti, jika dalam sehari ada delapan jam pelajaran, waktu sekolah jadi lebih singkat 80 menit. Jadi tidak banyak, dalam sehari jam belajarnya hanya berkurang sekitar 1 jam," ujar Taufik.

Semua jenjang pendidikan sekolah, baik sekolah dasar maupun sekolah menengah atas, jam pelajaran dikurangi. Meski begitu, ia berharap siswa tidak menjadi lemas dan beralasan untuk bermalas-malasan karena puasa.

"Harus dipahami, belajar juga bentuk ibadah, jadi harus tetap dilakukan dengan semangat," tuturnya.

Selama Ramadhan, Dinas Pendidikan juga menggelar berbagai kegiatan untuk mengisi bulan suci ini, antara lain, lomba MTQ tingkat SD-SMA, menghafal Al Quran, dan lomba dai bagi guru dan marawis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com