Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Surabaya Siapkan Rp 4 Triliun

Kompas.com - 28/07/2011, 01:05 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Bank Indonesia Surabaya menyediakan lebih dari Rp 4 triliun untuk kebutuhan penukaran uang menjelang Lebaran tahun ini. Dari jumlah itu, pecahan di bawah Rp 10.000 disediakan sebanyak Rp 822,073 miliar, sementara pecahan Rp 20.000 ke atas disediakan sebanyak Rp 3,27 triliun.

Ponco Wibowo, Deputi Pimpinan Bank Indonesia Surabaya Bidang Sistem Pembayaran dan Manajemen Internal, mengatakan, penukaran uang sudah bisa dilakukan sejak 1 Agustus mendatang pada setiap Selasa, Rabu, dan Kamis pukul 09.00-11.00 WIB.

"Untuk menghindari antrean panjang penukar uang, kami sediakan 500 outlet yang tersebar di 7 kabupaten/kota, yakni Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Gresik, Jombang, Mojokerto, dan Bojonegoro," katanya, Rabu (27/7/2011).

Dalam satu kali penukaran, Bank Indonesia (BI) membatasi pada jumlah Rp 3,8 juta. Adapun untuk stake holder dan mitra kerja, BI akan melayaninya dalam batas wajar.

Biasanya, penukaran uang banyak terjadi di wilayah Kota Surabaya. Oleh karena itu, BI menjalin kerja sama, baik dengan 64 bank umum maupun bank perkreditan rakyat (BPR). "Tahun lalu, realisasi penukaran di Surabaya mencapai 53 persen dari total nilai uang yang disediakan Rp 3,18 triliun," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com