Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinas Pendidikan Akan Ambil Tindakan

Kompas.com - 28/07/2011, 17:19 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta akan memantau dugaan penyelewengan dana bantuan operasional sekolah (BOS) dan bantuan operasional pendidikan (BOP) oleh Kepala SD Negeri 04 Bambu Apus, Jakarta Timur, Rotua Siregar. Kepala Disdik DKI Taufik Yudi Mulyanto meyakinkan bahwa pihaknya akan segera menyelesaikan permasalahan ini.

"Kami sudah melakukan proses penyidikan terhadap tuduhan tersebut. Proses penyidikan ini sudah berjalan secara konkret. Namun, kami membutuhkan waktu cukup lama untuk menentukan langkah-langkah yang bersifat administrasi untuk menghindari mengambil keputusan yang tidak sesuai dengan regulasi," kata Taufik di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (28/7/2011).

Ia juga mengungkapkan, dalam waktu dekat, keputusan tegas terkait pelanggaran yang dilakukan oleh Rotua akan segera dikeluarkan. Setidaknya, sebelum awal Agustus, keputusan tersebut sudah ada. Kendati demikian, ia belum mau menyebutkan isi dari keputusan tersebut.

Sementara itu, Rabu (27/7/2011), para orangtua murid dan siswa sekolah dasar ini berdemonstrasi dengan menggembok gerbang sekolah. Hal ini mengakibatkan kegiatan belajar-mengajar menjadi terhambat. Demo itu menuntut agar Kepala SDN 04 Bambu Apus dimutasi.

"Pergantian kepsek atau mutasi tidak bisa didasarkan demo dan penggembokan. Nanti jika ada orangtua atau komite sekolah yang tidak suka dengan kepseknya, mereka akan melakukan demo dan penggembokan dengan mengajak murid-muridnya. Kami tidak ingin ini terjadi dalam dunia pendidikan di Jakarta," ujarnya.

Saat ini, gerbang SDN 04 Bambu Apus, yang telah digembok selama sehari, telah dibongkar paksa Suku Dinas Pendidikan Dasar Jakarta Timur. Pembongkaran paksa ini dikawal petugas kepolisian dan Satpol PP sehingga 500 siswa SDN bersama para guru sudah bisa melakukan kegiatan belajar-mengajar secara normal kembali.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, meski sempat disegel pada Rabu kemarin, kegiatan belajar-mengajar pada hari ini berjalan normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com