Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Puasa, Polda Buru Maling dan Preman

Kompas.com - 29/07/2011, 14:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk menjaga keamanan selama bulan puasa, Polda Metro Jaya menyiapkan Operasi Kilat Jaya 2011 yang akan digelar mulai pekan depan.

Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sujarno, Jumat (29/7/2011), mengatakan, angka kriminalitas jalanan (street crime) akan meningkat seiring dengan kebutuhan yang meningkat pula selama bulan puasa.

"Prediksinya begini, selama puasa dan menjelang Idul Fitri pasti banyak kebutuhan. Kriminalitas juga dipengaruhi dengan kebutuhan yang semakin meningkat sehingga kami gelar Operasi Kilat Jaya," ujar Sujarno di Markas Polda Metro Jaya.

Operasi Kilat Jaya akan dilakukan pada 2-14 Agustus 2011. Seluruh aparat kepolisian, mulai dari kepolisian sektor, kepolisian resor, hingga Polda Metro Jaya, dikerahkan untuk mengamankan bulan Ramadhan.

"Sasarannya akan ke street crime, premanisme, curat (pencurian dengan pemberatan), curas (pencurian dengan kekerasan), termasuk petasan dan miras dan rumah kosong," kata Sujarno.

Terkait dengan wilayah-wilayah rawan kejahatan jalanan, Sujarno mengatakan, hingga kini pihaknya masih melakukan pemetaan di tingkat polres. "Kapolres nanti kami kumpulkan untuk membuat mapping daerah yang rawan dan banyak rumah kosong itu," katanya.

Pada bulan Ramadhan tahun lalu, yang jatuh pada September 2010, aksi pencurian dengan pemberatan terjadi sebanyak 439 kasus atau rata-rata terjadi 14 kasus dalam sehari. Aksi curas pada bulan yang sama terjadi sebanyak 73 kasus atau rata-rata 2-3 kasus per hari. Jumlah kasus pencurian kendaraan bermotor saat itu tercatat sebanyak 728 kasus atau rata-rata 23-24 kasus per hari.

Pada Juni 2011, aksi curat terjadi 572 kasus dan aksi curas sebanyak 67 kasus. Kejahatan curanmor tercatat sebanyak 385 kasus. Jumlah ini diprediksi meningkat pada Ramadhan nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com