Barang Bukti Narkoba Dimusnahkan

Kompas.com - 01/08/2011, 12:32 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) telah melakukan pemusnahan barang bukti narkoba jenis ekstasi, sabu dan prekursor narkotika beserta bahan baku lainnya di kantor BNN, Senin (1/8/2011).

Sejumlah barang bukti yang dimusnahkan adalah sebagai berikut: sebanyak 310,61 gram sabu, 249.714 butir ekstasi dengan berat 70.804,1 gram, benda padat kehitaman mengandung methamfetamine sebanyak 1.958,7 gram, serbuk (merah, putih, cokelat kehitaman, cokelat bata) sebanyak 17.103 gram, 2 liter cairan acetone dan tiga liter cairan toluene.

Dalam acara pemusnahan barang bukti itu, turut dihadirkan sembilan tersangka yang ditangkap dengan berbagai kasus yang berbeda yang diungkap dalam dua bulan terakhir. Misalnya kasus ekstasi yang di Sentul, kasus sabu di Kampung Ambon, Cengkareng, kasus prekusor, dan kasus kurir narkoba jaringan Bali.

"Secara keseluruhan, barang bukti yang akan dimusnahkan, ada beberapa yang disisihkan untuk kepentingan lab atau pembuktian perkara. Sabu 31 gram, ekstasi 572,5 butir dan seterusnya," kata Benny Joshua Mamoto, Direktur Pemberantasan Narkotika Alami.

Sejumlah barang bukti yang ada memang tidak seluruhnya dimusnahkan, masih disisihkan beberapa untuk keperluan laboratorium, pembuktian perkara, pendidikan dan pelatihan, serta untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pemusnahan barang bukti tersebut memang merupakan implementasi dari amanat Pasal 75 huruf k, Pasal 91 Undang-Undang RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika, yang menerangkan bahwa barang bukti Tindak Pidana Narkotika harus dimusnahkan setelah mendapat Ketetapan dari Kejaksaan Negeri setempat.

"Bisnis anda merusak, dan membunuh generasi muda, membunuh anak cucu kita," ujar Benny.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.