Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba di Tomang Berhasil

Kompas.com - 03/08/2011, 16:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Uji coba pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) di Kelurahan Tomang, Jakarta Barat, Rabu (3/8/2011), berhasil. Kendati masih ada beberapa kekurangan, satu perangkat alat pembuat E-KTP sudah bisa dioperasikan.

Lurah Tomang Joko Mulyono mengatakan, dalam uji coba sekitar pukul 13.00 tadi, tidak ditemukan persoalan saat proses pembuatan E-KTP. "Kami menguji terhadap lima orang dan berjalan lancar. Hanya ada kesulitan dalam pindai retina karena mata harus sampai melotot, baru bisa dipindai," kata Joko.

Proses keseluruhan memakan waktu 5-10 menit sejak mulai pendaftar datang ke bangku di depan operator hingga meninggalkan bangku tersebut. Jaringan internet juga berjalan dengan baik.

Satu unit alat pembuat E-KTP lainnya belum lengkap karena pemindai sidik jari dan retina belum tiba. "Antara kamera dan tripod juga belum sesuai sehingga kamera belum bisa berdiri. Kami sudah melaporkan hal itu supaya bisa segera diganti. Sekarang kami juga tinggal menunggu formulir untuk pemanggilan warga yang wajib memiliki KTP," ujar Joko.

Adapun di Kelurahan Kemanggisan, uji coba belum berjalan karena jaringan internet belum terkoneksi. "Alat-alat sudah lengkap semua, tinggal menunggu koneksi internetnya," kata Lurah Kemanggisan Yusuf.

Kedua kelurahan di Jakarta Barat itu termasuk dalam 10 kelurahan yang diprioritaskan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam uji coba pembuatan E-KTP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com