Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsinyasi Lahan JORR W2 Masih Berlanjut

Kompas.com - 08/08/2011, 12:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Terkait dengan pembebasan lahan untuk keperluan Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR West 2), proses konsinyasi terhadap 11 bidang tanah masih berlanjut. Sebanyak 11 bidang tanah tersebut berada di Jakarta Selatan, di tiga kelurahan yakni, Kelurahan Petukangan Selatan, Kelurahan Petukangan Utara, dan Kelurahan Ulujami.

"Nantinya pengadilan yang akan membayarkan. Kami masih menunggu penetapan harganya. Sudah dititipkan ke pengadilan sejak 1 Agustus lalu," kata Ketua Panitia Pengadaan Tanah JORR W2 Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Ambardy Effendy kepada wartawan, Senin (8/8/2011).

Proses konsinyasi ke-11 bidang tanah ini dilakukan lantaran masih terjadi sengketa. Dari 975 bidang tanah yang harus dibebaskan, sebanyak 75,4 persen di antaranya telah terselesaikan. Menurut Ambardy, syarat proses konsinyasi adalah pembebasan lahan sudah lebih dari 75 persen.

Untuk saat ini, baru 11 bidang tanah yang dikonsinyasi. Jika nanti ada warga yang kembali tidak setuju dengan harga yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1907 Tahun 2010 tentang Perubahan Besaran Ganti Rugi Tanah dan Bangunan untuk Pembangunan JORR W2, maka akan dikonsinyasi.

"Bisa saja nanti jumlah yang dikonsinyasi akan bertambah. Di Jakarta Selatan masih ada empat bidang tanah lagi yang berkasnya sedang disiapkan. Sementara itu, di Jakarta Barat ada dua lahan yang masih sengketa," ucapnya.

Pembangunan JORR W2 ini telah dimulai sejak Juli lalu dan terbagi menjadi empat seksi, yakni seksi pertama Meruya Utara-Meruya Selatan, seksi kedua Meruya Selatan-Joglo, seksi ketiga Joglo-Petukangan Utara, dan seksi keempat Petukangan Selatan-Ulujami. Nantinya JORR W2 akan membentang dari Ulujami hingga Kebon Jeruk. Pembangunan ini ditargetkan rampung pada akhir 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com