Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kiswa" 1219 H Dipamerkan di Abu Dhabi

Kompas.com - 08/08/2011, 14:13 WIB

ABU DHABI, KOMPAS.com - Untuk menyambut bulan Ramadhan, Abu Dhabi Islamic Bank (ADIB) menggelar pameran Kiswa (penutup Kabah) yang telah berusia 200 tahun di Hotel Emirated Palace di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Kiswa ini akan dipamerkan selama bulan Ramadhan.

Seperti dilaporkan Arab News, Senin (8/8/2011), Kiswa tersebut dipasang pada tahun 1219 Hijriah (1804 Masehi) pada masa Sultan Selim III (1789-1807) dan merupakan Kiswa terakhir yang dibuat dengan desain Turki Ottoman.

"Merupakan kehormatan besar bagi kami untuk mempersembahkan Kiswa ini pada rakyat Uni Emirat Arab. Kami sangat bahagia bisa melayani masyarakat dan menunjukkan pada mereka sebagian dari sejarah kita pada bulan Ramadhan ini," kata Tirad Mahmoud, CEO ADIB.

"Kami ingin berbagi dengan masyarakat pada bulan penuh berkah ini dan memaknai semangat Ramadhan seraya berusaha menjembatani perbedaan antara budaya-budaya yang berbeda," lanjut Mahmoud.

Kiswa mulai digunakan untuk menutup Kabah pada tahun 9 Hijriah atau 630 Masehi. Tradisi ini berlanjut sampai sekarang dan Kiswa diganti setiap tahun. Kain bagian hitam yang polos kemudian dipotong-potong dan dijadikan cenderamata bagi para tamu negara yang menunaikan ibadah haji.

Selama pameran berlangsung, pengunjung diizinkan berfoto secara gratis di dekat Kiswa pada malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com