Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Baru 5 Kelurahan Layani e-KTP

Kompas.com - 09/08/2011, 10:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantaran jaringan masih bermasalah, baru lima kelurahan di Jakarta saja yang sudah melayani KTP elektronik atau e-KTP. Adapun lima kelurahan tersebut adalah Kelurahan Tomang, Kelurahan Cikoko, Kelurahan Mampang Prapatan, Kelurahan Rawabadak Selatan dan Kelurahan Menteng.

"Masalah jaringan jadi menghambat kelurahan-kelurahan yang sudah uji coba. Ada di Kelurahan Semper Timur dan Kelurahan Kebon Sirih," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI, Purba Hutapea ketika dihubungi wartawan, Senin (8/8/2011).

Untuk peralatan e-KTP, semua 267 kelurahan sudah mendapatkannya tapi masih ada kelurahan yang alatnya belum lengkap. Contohnya, ada kelurahan yang kameranya belum datang atau semestinya menggunakan dua alat yang datang baru satu.

Terkait adanya permasalahan alat e-KTP yang terkendala di Bea Cukai Bandar Udara Soekarno-Hatta, Purba mengaku tidak tahu menahu masalah tersebut. Menurutnya, hal tersebut merupakan ranah pemerintah pusat yang dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri.

"Itu saya kurang tahu. Tetapi Konsorsium PNRI dan Kementerian Dalam Negeri menjanjikan setiap harinya bertambah kelurahan yang bisa melayani e-KTP," kata Purba.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, rencana Kementerian Dalam Negeri untuk melengkapi 10 kelurahan di DKI Jakarta pada Rabu (3/8/2011) dengan peralatan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) ternyata masih terus tertunda. Kendala yang muncul adalah jaringan koneksi ke data pusat tidak berjalan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com