Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Motor Bakal Tembus 8 Juta Orang

Kompas.com - 09/08/2011, 18:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah pemudik pada musim Lebaran tahun 2011 diprediksi akan meningkat 14 persen. Kenaikan paling tinggi akan terjadi pada pemudik sepeda motor. Jumlahnya diprediksi mencapai lebih dari 8 juta orang.

Direktorat Polda Metro Jaya mencatat, parus mudik tahun 2010, jumlah sepeda motor mencapai 3,6 juta unit dengan jumlah penumpang mencapai 7,2 juta orang. Pada arus mudik tahun 2011, jumlah sepeda motor diperkirakan mencapai 4,1 juta unit dengan jumlah penumpang mencapai 8,3 juta orang.

"Di tahun 2011, diperkirakan semuanya naik 14 persen, termasuk pemudik sepeda motor. Di tahun 2011, angka pemudik motor bisa mencapai 8 juta lebih," ujar Kepala Bagian Pembinaan dan Operasional Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Latif Usman, Selasa (9/8/2011) di Polda Metro Jaya.

Hal ini terjadi lantaran sepeda motor masih dianggap sebagai kendaraan yang cepat dan praktis. Faktor lain yang menyebabkan pemudik sepeda motor meningkat di tahun ini adalah pertumbuhan pembelian sepeda motor baru yang melonjak tiap tahunnya. Pada tahun 2009, pertumbuhan sepeda motor baru berjumlah 7,15 juta. Setahun kemudian, pertumbuhannya mencapai 8,7 juta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com