Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Tahap MRT Habiskan Rp 31,5 Triliun

Kompas.com - 09/08/2011, 21:36 WIB

JAKARTA-KOMPAS.com - Pembangunan dua tahap mass rapid transit (MRT) membutuhkan dana Rp 31,5 triliun. Hal ini disampaikan Direktur Utama PT MRT Jakarta Tribudi Rahardjo dalam diskusi tentang perkembangan proyek MRT.

"Proyek ini dengan rincian 17 triliun untuk tahap pertama yaitu Lebakbulus - Bundaran HI. Untuk tahap kedua yaitu Bunderan HI sampai Kampung Bandan direncanakan menghabiskan 14,5 triliun," ujar Tribudi, Selasa (9/8/2011) malam di Jakarta Pusat.

Ia menambahkan, sebagian besar dana pembangunan MRT ini didapat dari pinjaman Jepang. Adapun sisanya berasal dari pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pembangunan MRT tahap pertama dari Lebakbulus, Jakarta Selatan, ke Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta Pusat membutuhkan dana Rp 17 triliun. MRT tahap kedua dari Bundaran HI ke Kampung Bandan, Jakarta Utara, menelan biaya Rp 14,5 triliun.

"Meminjam dana dari Jepang yaitu Japan International Corporate Agency (JICA). Nantinya Pemprov (DKI) harus mengembalikan 52 persen saja," tambahnya.

Tender konstruksi fisik MRT Jakarta direncanakan akan dimulai pada September 2011. Konsep yang akan digunakan nantinya adalah konsep design and build sehingga pelaksaan tender akan berlangsung lama.

Pada Juli 2012, pengerjaan berupa penggalian tanah akan dimulai. Namun sebelumnya, pada April 2012 akan diumumkan pemenang lelang, dilanjutkan dengan persiapan kontrak kerja dan persyaratan administrasi pada Mei 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com