Penukaran Uang Marak di Banjarmasin

Kompas.com - 11/08/2011, 14:09 WIB
EditorMarcus Suprihadi

BANJARMASIN, KOMPAS.com- Lebaran kurang 18 hari lagi, tetapi masyakat Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang menyediakan jasa penukaran uang kecil di pinggir jalan telah marak. Pemandangan ini nampak di Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, mulai dari depan Kantor Bank Indonesia hingga depan Gedung Pemuda yang berjarak sekitar 200 meter.

Di salah satu sisi jalan terdapat 32 orang yang menyediakan jasa penukaran uang. Mereka berdiri berjajar sembari menunjukkan bundelan uang bernominal mulai dari Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5. 000, hingga Rp 20.000, kepada pengguna jalan yang lewat.

Siti (35), salah satu penyedia jasa penukaran uang, Kamis (11/8/2011), menuturkan, dirinya sudah dua hari ini menjadi penyedia jasa penukaran uang. U ang itu diperoleh dari seorang pemilik. " Tiap Rp 100.000 uang yang ditukar, kami mengambil untung Rp 10.000. Untung itu dibagi dua, buat saya Rp 5.000 dan buat pemilik uang Rp 5.000," ujarnya.

Menurut Siti sampai saat ini permintaan belum banyak. Hingga pukul 12.30 WITA, belum ada orang yang menukar uang kepadanya. Diperkirakan penukaran uang kecil ramai menjelang Lebaran nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.