Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Ada Rekayasa Penutupan Satrio-Rasuna

Kompas.com - 12/08/2011, 16:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Akses Jalan Dr Satrio menuju Jalan Rasuna Said akan ditutup untuk sementara untuk pemasangan pilar pondasi jalan layang yang menyeberang ke Casablanca. Penutupan rencananya dilakukan pada bulan September 2011. Meski sudah direncanakan adanya penutupan, rekayasa lalu lintas masih belum disiapkan pihak Ditlantas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI.

"Belum ada jalur alternatif rekayasa lalu lintas. Ini menunggu rapat koordinasi bersama dulu," ungkap Kepala Satuan Pendidikan dan Rekayasa Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Kanton Pinem, Jumat (12/8/2011), saat dihubungi wartawan.

Dia melanjutkan pemberitahuan Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI memang sudah memberikan surat soal penutupan jalan tersebut. Namun, belum ada waktu pasti penutupan dan rencana rekayasa lalu lintas karena masih menunggu rapat koordinasi bersama.

"Kemungkinan penutupan jalan di bagian utara itu akan dilakukan setelah bagian selatan Jalan Satrio dibuka," ujar Pinem.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Royke Lumowa, penutupan jalan tersebut tidak dapat dihindari. Hal ini, kata dia, dilakukan untuk mempermudah pembangunan jalan layang di daerah utara jalan Dr Satrio. Tetapi, katanya, penutupan jalan ini tidak boleh dilakukan sembarangan.

"Jangan sampai juga merugikan orang banyak," kata Royke.

Dia mengatakan, sebelum penutupan harus dilakukan pemberitahuan dan sosialisasi pada masyarakat pengguna jalan. Sehingga, masyarakat mengetahui adanya penutupan dan tidak kaget akan adanya penutupan jalan tersebut.

Selain itu, katanya, perlu juga dipasang rambu-rambu untuk mengimbau para penggguna jalan. Saat ini, bagian selatan Jalan Dr Satrio belum sepenuhnya dibuka. Namun, akses kendaraan dari Jalan Sudirman menuju Dr Satrio tersebut sudah dapat dilalui kendaraan.

Selain di bagian selatan, penutupan di bagian utara pun sudah dilakukan. Akses jalan dari Rasuna Said ditutup menuju arah Dr Satrio. Kali ini, Dinas PU rencananya akan melakukan penutupan jalan kembali di bagian utara Dr Satrio, yaitu dari arah Satrio menuju Rasuna Said, dekat Kedutaan Besar Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com