Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Kukuhkan 28 Paskibraka DKI

Kompas.com - 16/08/2011, 15:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2011 selalu identik dengan para Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Hari ini, sebanyak 28 anggota Paskibraka DKI Jakarta yang merupakan putra dan putri pilihan terbaik ini dikukuhkan oleh Gubernur DKI.

"Mereka merupakan pelajar terbaik, baik secara fisik, mental, wawasan dan keterampilan lainnya. Mereka tidak hanya bertugas mengibarkan bendera merah putih, melainkan juga harus menjadi pembawa karakter yang berjiwa merah putih di kalangan pemuda Indonesia," kata Fauzi Bowo di Jakarta, Selasa (16/8/2011).

Dia pun menegaskan anggota Paskibraka DKI dituntut mampu menunjukkan jiwa nasionalisme yang tinggi. Pembinaan dan pelatihan untuk  Paskibraka adalah hal  paling utama bagi pembentukan karakter yang  berjiwa merah  putih, siap mengabdi dan berbakti bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Pembinaan dan pelatihan dalam Paskibraka sering diartikan bagaikan pisau bermata dua," tutur Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo.

Pisau bermata dua dimaksudkan dengan mempersiapkan anggota Paskibraka melaksanakan tugas  pengibaran Bendera Pusaka pada Acara Puncak HUT Proklamasi Kemerderkaan Republik Indonesia dan untuk membentuk karakter bagi Anggota Paskibraka.

"Saya berharap 28 anggota Paskibraka yang akan bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih di Balai Kota DKI pada tanggal 17 Agustus, dapat melaksanakan tugas pengibaran bendera dengan kerja keras dan disiplin tinggi," ujar Foke.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI, Ratiyono, mengatakan, total jumlah anggota Paskibraka DKI Jakarta 30 orang dari seluruh wilayah Jakarta. Sedangkan dua anggota dipilih menjadi anggota Paskibraka Nasional yang akan bertugas dalam pasukan pengibar bendera di Istana Negara pada 17 Agustus.

"Septian dari SMK 51 dan Ajeng dari SMA 51, sudah masuk dalam karantina Paskibraka Nasional. Sedangkan 28 anggota lainnya, juga masih dalam karantina Paskibraka Provinsi DKI. Mereka nantinya akan mengibarkan bendera dalam HUT Kemerdekaan ke-66 RI di Balai Kota DKI," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com