Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan Putus, Telkom Rugi Miliaran

Kompas.com - 20/08/2011, 16:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Telkom rugi miliaran rupiah setelah jaringan kabel di sekitar pipa air minum PT Palyja bocor terkena ekskavator di terowongan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (20/8/2011).

Isroni (43), petugas lapangan mitra PT Telkom yang ditemui di lokasi, menjelaskan, ada satu kabel fiber optik yang putus. Kabel bergaris tengah sekitar 10 sentimeter ini berisi 256 helai serat optik. Setiap dua helai serat optik berkapasitas menghubungkan lebih dari 1.000 saluran.

"Di kawasan Jalan HR Rasuna Said ini, setiap helai serat optik digunakan maksimal oleh para pelanggan pengelola gedung-gedung tinggi. Jadi bisa dipastikan, sejak muncul keluhan sambungan putus Jumat malam, PT Telkom rugi miliaran rupiah," tegasnya.

Soal angka pastinya, Isroni tidak tahu. "Ini baru PT Telkom. Ada jaringan kabel lain milik PT Indosat yang juga putus," ungkapnya saat memperbaiki serat-serat optik yang putus milik PT Telkom.

Meski sempat terganggu lebih dari 12 jam, PT Telkom mampu mengatasi keluhan konsumen dengan dukungan gardu di Semanggi. "Yang rusak kan jaringan Gardu Gatot Subroto, tapi mendapat back-up dari Gardu Semanggi," tutur Isroni.

Namun, hal itu tidak menyebabkan PT Telkom bebas dari kerugian. Isroni memperkirakan, Sabtu malam pekerjaan perbaikan bisa selesai. Sejak pipa bocor, air menggenangi terowongan hingga 60 sentimeter. Terowongan pun ditutup. Pukul 11.00, pipa ditutup. Genangan air pun surut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com