Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apel Siaga Angkutan Lebaran 2011

Kompas.com - 22/08/2011, 15:19 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Ribuan personel menggelar apel siaga Angkutan Bandara 2011, Senin (22/8/2011), di Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Personel itu merupakan gabungan Polri, Kementerian Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran Bandara Soekarno Hatta, Duta Bandara, Anggota Pramuka, Pihak Security Bandara, Perwakilan Maskapai Penerbangan, PT Angkasa Pura II, dan Perwakilan Bea Cukai.

Apel dipimpin langsung oleh Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono. Apel tersebut berlangsung dari pukul 08.00 hingga 10.30 dengan dihadiri sekitar ratusan pihak bandara (otoritas bandara).

Juga dilakukan simbolisasi pemakaian rompi berwarna hijau kepada enam orang perwakilan otoritas bandara, sebagai bentuk pemberian mandat kepada pihak bandara untuk dapat segera bertugas. Dalam apel tersebut, Bambang mengatakan dalam pidatonya bahwa ada lonjakan pengguna angkutan udara baik nasional maupun internasional, yang naik dari 2.812.505 jiwa ke 3.042.537 jiwa.

"Ada lonjakan yang begitu signifikan kami lihat di sini, namun kami memastikan bahwa pihak otoritas bandara akan menjamin kenyamanan serta keselamatan para pengguna jasa bandara, tidak lupa juga akan keselamatan dan pengguna jasa penerbangan. Karena sekalipun demand meningkat, tingkat kemampuan pelayanan bandara tetap di atas demand," ujar Bambang.

Seusai upacara, Wakil Menteri Perhubungan didampingi pihak otoritas bandara berkeliling mengecek kesiapan kendaraan - kendaraan yang akan siap melayani para pengguna jasa bandara ketika dibutuhkan, meliputi : mobil transportasi terminal bandara, mobil pemadam kebakaran, bus, taksi, mobil polisi, mobil tim SAR, mobil ambulans.

Lebih lanjut Herry Bekti, Direktur Jendral Perhubungan Udara mengatakan, pihak bandara akan memusatkan perhatian penuh saat H-1 dan H+4 , karena dilihat bahwa di dua hari tersebut adalah puncaknya lonjakan penumpang yang menggunakan jasa bandara.

"Semua telah kami antisipasi. Mulai dari posko yang sudah kami buat sampai ke personel yang turun langsung ke lapangan, semuanya siap membantu. Jadi para pengguna jasa tidak perlu khawatir. Kami jamin kenyamanan, keselamatan, serta keamanan para pengguna jasa bandara," ujar Herry di akhir kesempatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com