Inilah Solusi Terampuh Usir Calo Bandara

Kompas.com - 22/08/2011, 15:51 WIB
EditorHertanto Soebijoto

TANGERANG, KOMPAS.com - Solusi paling ampuh untuk mengatasi maraknya calo yang berkeliaran di Bandara Soekarno-Hatta adalah dengan menetapkan sistem e-Ticket atau tiket elektronik.

Hal itu dikatakan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, Senin (22/8/2011) sekitar pukul 09.30 WIB, saat ditemui Kompas.com selepas apel siaga Angkutan Lebaran 2011 di Teminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Dia mengatakan, sistem e-Ticket dinilai paling aman karena sudah tidak menggunakan sistem tulis tangan lagi. Dan keunggulannya pada kesamaan identitas di tiket dan KTP sudah pasti akurat," ujar Bambang yang dalam apel tadi menjadi pemimpin apel siaga tersebut.

Menurut data yang dihimpun oleh pihak PT Angkasa Pura II (AP II), total calo tiket yang sudah terdata selama 2011 sebanyak 1.500 orang. Meskipun menurut Pihak AP II sudah berkurang sebanyak 70 persen, tujuan utamanya ialah menuntaskan bersih kegiatan percaloan yang berkeliaran di bandara. Karena dinilai menggagu kurang lebih sebanyak 44,3 juta pengguna jasa Bandara Soekarno-Hatta.

Ditemui sebelum pergi meninggalkan tempat apel, Mulya Abdi Selaku Deputi Senior PT AP II mengatakan, memang pihaknya sudah dalam rencana untuk menyampaikan usulan ke pemerintah pusat untuk menetapkan pengguna e-Ticket ini.

"Kami pihak AP II tidak memiliki hak untuk memaksa semua maskapai penerbangan untuk menerapkan sistem e-Ticket ini. Karena yang mengaturnya, semua pusat," ujar Mulya Abdi kepada Kompas.com.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa peta persebaran calo di Bandara Soekarno-Hatta hanya terpusat di Terminal 1. Terminal 2 dan Terminal 3 tidak ditemukan calo yang berkeliaran.

Mulya Abdi mengatakan, seluruh maskapai penerbangan di Terminal 2 dan Terminal 3 sudah menerapkan sitem e-Ticket, dan terbukti, tidak terlihat gangguan dari calo di Terminal 2 dan Terminal 3. Hanya di Terminal 1, yang sampai saat ini masih berkeliaran meskipun sekarang sedikit sekali, dan sembunyi-sembunyi.

"Nanti sesudah Lebaran akan kami follow up usulan mengenai penerapan e-Ticket di Bandara Soekarno-Hatta," ujar Mulya Abdi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.