Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Tips Tinggalkan Rumah Saat Mudik

Kompas.com - 24/08/2011, 14:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebaran hanya tinggal hitungan hari, warga Jakarta sudah banyak yang meninggalkan rumah dan mudik ke kampung halaman. Supaya kondisi rumah tetap aman meski ditinggal mudik adalah dengan mengamankan sambungan listrik dan mengunci pintu rapat.

"Jangan sampai, saat rumah ditinggalkan pemiliknya, karena ceroboh tidak memutuskan sambungan listrik, terjadi arus pendek dan rumahnya terbakar, lalu merembet ke rumah lainnya," kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo di Balai Kota, Jakarta, Rabu (24/8/2011).

Hal yang mudah dan tidak boleh dilupakan adalah tidak meninggalkan peralatan listrik masih menyala atau tertancap pada sakelar listrik. Untuk itu, walikota dan bupati juga terus diimbau agar mengingatkan warganya yang mudik. Bagi warga Jakarta yang tidak mudik dan tetap tinggal di rumah, diharapkan turut menjaga keamanan lingkungannya masing-masing.

"Menjaga lingkungan atau rumah tetangga yang ditinggal mudik juga merupakan ibadah. Karena telah memberikan rasa aman dan tenteram bagi tetangganya yang mudik," ujarnya.

Selain itu, warga yang mudik juga harus pastikan rumah dalam keadaan aman agar terhindar dari pencurian dan bencana lainnya. Mengunci pintu dan jendela dengan benar karena biasanya melihat kondisi rumah yang sepi, pencuri pun akan mengambil kesempatan.

"Tentu jangan lupa untuk memberitahukan kepada tetangga dan Pengurus RT/RW," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com