BI Gelontorkan Rp 54,3 Triliun Recehan

Kompas.com - 25/08/2011, 14:32 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga hari ke-24 bulan Ramadhan, Bank Indonesia (BI) sudah merealisasikan penukaran uang pecahan kecil kepada masyarakat sebanyak Rp 54,3 triliun. Jumlah ini sudah mencapai 88,5 persen dari proyeksi sebesar Rp 61,36 triliun.

"Dibandingkan periode sama tahun lalu, terdapat kenaikan 30,3 persen. Sampai hari ke-24 Ramadhan tahun lalu jumlah uang yang dikeluarkan mencapai Rp 41,7 triliun," ujar Deputi Direktur Pengedaran Uang BI Adnan Djuanda yang ditemui pos penukaran uang Lapangan IRTI Monas, Kamis (25/8/2011).

BI memperkirakan total penukaran uang sepanjang Lebaran tahun ini bakal meningkat 12 persen dibanding tahun lalu. Penukaran uang pecahan kecil ini dilakukan di pos keliling BI dan kantor-kantor cabang BI. Selain itu, BI juga bekerja sama dengan 12 bank untuk penukaran uang pecahan kecil ini.

Kedua belas bank tersebut adalah Bank BNI, Bank BRI, Bank Artha Graha, Bank BCA, Bank Danamon, Bank DKI, Bank BTN, Bank Mandiri, Bank UOB, Bank BPD Jabar Banten, Bank Sumut, dan Bank BRI Syariah. "Kenaikan ini menunjukkan cermin kemakmuran masyarakat. BI memperkirakan realisasi tidak melebihi proyeksi sejauh ini," kata Adnan. (Astri Karina Bangun/Kontan)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.