Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urusan Tetek Bengek Tak Perlu Ganggu Mudik Anda!

Kompas.com - 26/08/2011, 14:48 WIB

KOMPAS.com - Selain masalah keamanan, hal-hal lain yang juga kerap merisaukan hati saat pergi mudik adalah hal-hal kecil tapi butuh perhatian besar seperti kondisi rumah dan kebersihannya, mulai ruang tamu sampai dapur. Akibatnya, tak jarang pemudik jadi kurang dapat menikmati saat-saat bersilaturahmi dengan handai taulan.

Acara pulang kampung seharusnya nyaman di perjalanan, juga tenang di hati saat tiba di tujuan. Untuk itulah, selain keamanan rumah, beberapa hal ini perlu diperhatikan sebelum Anda berangkat mudik:

- Bersihkan semua perabot dan pakaian kotor. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari tumbuhnya jamur dan datangnya binatang-binatang yang bisa membawa penyakit.

- Jangan lupa membuang semua sampah, baik basah maupun kering, yang ada di dalam rumah

- Simpan makanan dengan baik. Segera habiskan makanan yang mudah basi atau bagikanlah kepada rekan kantor atau tetangga. Pastikan tidak ada lagi makanan di lemari es. Karena, ingat, bahwa Anda harus meninggalkan lemari es dalam keadaan mati.

- Gunakan wadah kedap udara untuk menyimpan makanan-makanan lain. Tutup lemari rapat-rapat. Anda bisa menggunakan kapur antisemut di daerah-daerah yang rawan serangga ini. (AJENG PINTO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com