Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Saja, Jangan Pikirkan Rumah!

Kompas.com - 26/08/2011, 18:43 WIB

KOMPAS.com — Perjalanan pulang kampung seharusnya nyaman dan lancar, serta tenang di hati saat tiba di tujuan. Indahnya silaturahim di kampung jangan sampai tidak bisa dinikmati hanya lantaran pikiran terus-menerus tertuju ke rumah, khususnya pada masalah tanaman kesayangan atau hewan peliharaan.

Untuk itulah, selain keamanan rumah, beberapa hal ini perlu diperhatikan sebelum Anda berangkat mudik:

Hewan peliharaan

- Titipkan di tempat penitipan. Kalau punya uang lebih, Anda bisa melakukan hal ini. Selain makanannya terjamin, kebersihannya pun tetap terjaga.

- Saat ini, banyak salon hewan yang juga berfungsi sebagai tempat penitipan. Namun, ada baiknya pastikan terlebih dahulu reputasi tempat penitipan tersebut. Anda juga bisa menanyakan referensi tempat penitipan kepada dokter hewan langganan Anda.

- Jika peliharaan Anda memiliki makanan atau mainan khusus, jangan lupa membawanya ke tempat penitipan. Hewan peliharaan Anda tidak akan stres karena harus ditinggal berlama-lama.

- Sediakan makanan yang cukup. Jika hewan dititipkan ke tetangga, tinggalkan makanannya dalam jumlah cukup. Buatlah jadwal secara detail agar orang yang dititipi tidak lupa.

- Siapkan makanan dalam porsi-porsi kecil supaya tetangga bisa langsung memberi makan hewan peliharaan dengan mudah. Sediakan catatan mengenai instruksi-instruksi khusus apabila ada.

- Bawakan tetangga oleh-oleh sebagai bentuk terima kasih Anda.

Tanaman kesayangan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com