Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.700 Warga Kurang Mampu Mudik Gratis

Kompas.com - 27/08/2011, 13:10 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf melepas keberangkatan 2.700 pemudik dari warga kurang mampu di Kantor Dinas Perhubungan dan LLAJ Jawa Timur di Surabaya, Sabtu (27/8/2011).

Program mudik gratis, kata Saifullah, untuk mempermudah masyarakat sekaligus mengurangi beban jalan sehingga kecelakaan bisa ditekan.

"Pengemudi saya minta jangan kebut-kebutan karena pelan atau lambat tetap dibayar dengan tarif yang sama," kata Saifullah saat melepas ribuan pemudik menggunakan 48 bus dengan tujuan ke 18 kabupaten dan kota di Jatim.

Tahun ini, ungkap Saifullah, Pemprov Jatim memberangkatkan pemudik gratis sebanyak 260 bus dengan melibatkan instansi pemerintah, swasta, termasuk Polri, TNI, dan perguruan tinggi.

Tahun lalu, selama Lebaran terjadi 390 kecelakaan dengan 81 korban meninggal dunia. Karena itu, perlu langkah terpadu untuk menekan angka kecelakaan.

Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Jatim Wahid Wahyudi menambahkan, pihaknya memberangkatkan pemudik dengan 96 bus yang terbagi dalam dua gelombang, yakni 48 bus pada Sabtu (27/8/2011) dan 48 bus pada hari Minggu (28/8/2011).

Pemudik gratis warga dari golongan tidak mampu, seperti pasukan kuning (tukang sapu di jalan raya), pembantu rumah tangga, PNS golongan I dan II, mahasiswa, pelajar, dan buruh.

Para pemudik itu akan menuju 18 kota/kabupaten, di antaranya Situbondo, Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Sumenep, Malang, Blitar, Kediri, Ngawi, Madiun, Nganjuk, dan Tulungagung.

Tahun ini, Jatim satu-satunya provinsi yang memberangkatkan mudik gratis dengan tiga moda transportasi, yakni bus, kapal, dan kereta api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com