Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

300 Tenaga Bantuan Dikerahkan

Kompas.com - 31/08/2011, 16:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang selama libur Lebaran, pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, merekrut sekitar 300 tenaga insidentil. Mereka rata-rata adalah warga yang tinggal di sekitar kebun binatang tersebut.

Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang, Rabu (31/8/2011), menuturkan, tenaga insidentil itu bekerja pada 1 - 4 September. "Mereka mendapat upah sepantasnya," jelasnya tanpa menyebut nilai upah yang diberikan.

Tenaga insidentil itu bertugas melayani kebutuhan pengunjung, misalnya dengan membantu mengatur parkir kendaraan serta menjaga pintu masuk pengunjung.

Menurut Bambang, keberadaan tenaga insidentil semacam itu diharapkan bisa membantu tugas personel lapangan yang jumlahnya hanya sekitar 108 orang. Sebab jumlah pengunjung pada masa liburan Lebaran bisa mencapai lebih dari 100.000 orang dalam satu hari.

Selain tenaga insidentil, pengelola kebun binatang yang didirikan pada 1964 ini juga mendapat bantuan tenaga dari kepolisian, dinas perhubungan, marinir, dan petugas kesehatan. "Tujuannya agar pengunjung bisa berlibur dengan aman dan nyaman," tambahnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com