Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Lebih Banyak Itu Biasa

Kompas.com - 05/09/2011, 16:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jumlah penumpang mudik harian di terminal bus antarkota Kampung Rambutan menunjukkan penurunan dibandingkan tahun 2010 pada periode yang sama. Namun, hal sebaliknya terjadi pada arus balik jumlah penumpang tahun ini jauh lebih besar.

”Sudah biasa terjadi, arus balik selalu lebih tinggi volume penumpang dan kendaraan dibandingkan arus mudik,” kata Kepala Terminal Kampung Rambutan D Basuki, Senin (5/9/2011), di Jakarta Timur.

Basuki menjelaskan, kebiasaan lama pemudik membawa serta kerabat saat balik ke Jakarta menjadi salah satu alasan bertambahnya jumlah penumpang yang tiba di Jakarta. Alasan lainnya adalah banyaknya penyelenggaraan mudik gratis dalam dua tahun terakhir.

”Tahun ini lebih banyak acara mudik gratis. Orang-orang yang kemarin pakai bus gratis sekarang balik pakai bus umum,” kata Basuki. Oleh karena itu, jumlah sementara penumpang dalam arus balik tahun ini terlihat melonjak jauh dibandingkan tahun 2010.

Meski demikian, dari perbedaan data di atas, tidak menutup kemungkinan jumlah pendatang baru ke Jakarta tahun ini akan lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Menurut dia, arus urbanisasi ke Jakarta sangat wajar lantaran kota ini masih dilihat layaknya lumbung emas bagi masyarakat daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com