Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posko Lebaran Stasiun KA Tetap Berlanjut

Kompas.com - 09/09/2011, 00:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Berbeda dengan Pos Koordinasi (Posko) Angkutan Lebaran 2011 Tingkat Nasional yang telah ditutup secara resmi oleh Menteri Perhubungan Freddy Numberi, PT KAI masih mempertahankan posko Lebaran di sejumlah stasiun kereta.

"Posko Lebaran masih sampai H +11 (11/9/2011)," ujar Mateta Rijalulhaq, Manajer Humas PT KAI Daops 1, yang dihubungi Kompas.com, di Jakarta, Kamis (8/9/2011).

Menurutnya, meski lonjakan penumpang sudah berangsung menurun, penumpang arus balik yang menggunakan jasa KA masih terus berlangsung. Karena itu, PT KAI tetap menyelenggarakan pemantauan dan pelayanan khusus melalui posko Lebaran. "Sampai H+11, kami belum boleh libur," lanjutnya.

Dengan adanya pembatasan jumlah penumpang per kereta, selain terjadi penurunan jumlah penumpang dalam angkutan Lebaran tahun ini, PT KAI juga harus memperpanjang masa pelayanan khusus arus balik, mengingat tingginya permintaan penumpang.

Situasi yang sama sebenarnya terjadi pada angkutan bus. "Arus balik yang menggunakan bus biasanya berlangsung hingga beberapa minggu," kata D Basuki, Kepala Terminal Bus Antarkota Kampung Rambutan, beberapa hari lalu. Karena itu, meski posko resmi telah ditutup, pihaknya akan tetap melakukan pemantauan arus penumpang masuk.

Angkutan kereta api dan angkutan bus mengalami penurunan jumlah penumpang pada tahun ini. Total penumpang KA sejak H-7 sampai H+7 sebanyak 1.746.488 penumpang, menurun 22,49 persen dari 2.253.123 penumpang pada 2010.

Sementara total penumpang bus di 12 provinsi pada tahun ini sebesar 4.851.672 juta, menurun 16,27 persen dari tahun 2010 dengan jumlah 5.164.862 penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com