Ondel-ondel dan Kuda Lumping di Kota Tua

Kompas.com - 11/09/2011, 13:44 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Pada Minggu (11/9/2011) yang terik, kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, meriah oleh hiburan kesenian tradisional ondel-ondel dan kuda lumping. Para pengunjung bisa menikmati keduanya di pelataran Taman Fatahillah.

Musik pengiring ondel-ondel mendayu-dayu, mengundang pengunjung mendekat. Boneka raksasa khas Betawi itu pun mulai menari-nari. Momen itu dimanfaatkan pengunjung, terutama yang membawa anak-anak, untuk berfoto bersama ondel-ondel.

"Ya senang, jarang juga kemari pas ada ondel-ondel," tutur Wati, pengunjung dari Tanjung Priok, yang membawa dua anaknya. Tak lama setelah ondel-ondel, suara cemeti terdengar memekakkan telinga menandai pertunjukan kuda lumping dimulai. Para pemain unjuk kebolehan saat si "dukun" menyabetkan cemeti ke badan mereka tanpa meninggalkan luka.

Ada pula atraksi menyemburkan api, akrobat, dan tarian kuda lumping diiringi musik tetabuhan dari gamelan. Panas matahari yang menyengat tidak menyurutkan minat pengunjung menonton pertunjukan tersebut dan mengabadikannya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.