Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ondel-ondel dan Kuda Lumping di Kota Tua

Kompas.com - 11/09/2011, 13:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pada Minggu (11/9/2011) yang terik, kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, meriah oleh hiburan kesenian tradisional ondel-ondel dan kuda lumping. Para pengunjung bisa menikmati keduanya di pelataran Taman Fatahillah.

Musik pengiring ondel-ondel mendayu-dayu, mengundang pengunjung mendekat. Boneka raksasa khas Betawi itu pun mulai menari-nari. Momen itu dimanfaatkan pengunjung, terutama yang membawa anak-anak, untuk berfoto bersama ondel-ondel.

"Ya senang, jarang juga kemari pas ada ondel-ondel," tutur Wati, pengunjung dari Tanjung Priok, yang membawa dua anaknya. Tak lama setelah ondel-ondel, suara cemeti terdengar memekakkan telinga menandai pertunjukan kuda lumping dimulai. Para pemain unjuk kebolehan saat si "dukun" menyabetkan cemeti ke badan mereka tanpa meninggalkan luka.

Ada pula atraksi menyemburkan api, akrobat, dan tarian kuda lumping diiringi musik tetabuhan dari gamelan. Panas matahari yang menyengat tidak menyurutkan minat pengunjung menonton pertunjukan tersebut dan mengabadikannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com