Dari Jembatan Semanggi Bisa ke Plaza Semanggi

Kompas.com - 11/09/2011, 14:03 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah beberapa kali terjadi ketegangan antara Dinas Perhubungan dan Legiun Veteran Republik Indonesia, akhirnya kini telah terjadi kesepakatan.

Kendaraan dari arah Jembatan Semanggi bisa langsung masuk ke Plaza Semanggi, tetapi konkret beton pembatas tetap dipasang berjajar, memisahkan kendaraan dari arah Jembatan Semanggi dengan kendaraan yang datang dari Jalan Jenderal Sudirman.

Kendaraan dari Jembatan Semanggi yang ingin ke Plaza Semanggi bisa masuk dari celah yang sengaja dibuka, tetapi dijaga oleh dua petugas yang mengatur arus lalu lintas.

Sedangkan kendaraan dari Jalan Jenderal Sudirman tidak boleh memanfaatkan celah itu jika ingin ke Jalan Gatot Subroto. Dengan adanya jalan tengah ini, perseteruan antara Dinas Perhubungan dan LVRI untuk sementara bisa diatasi.

Namun, diharapkan ini bukan jalan keluar permanen mengingat arus di Jembatan Semanggi dan dari arah Slipi masih tersendat cukup lama. Ketegangan ini bermula ketika Dinas Perhubungan menutup akses jalan ke Plaza Semanggi karena dianggap telah menimbulkan kemacetan parah di Jembatan Semanggi dan sekitarnya.

Namun, penutupan akses masuk ke Plaza Semanggi ini telah menurunkan jumlah kunjungan konsumen ke Plaza Semanggi sehingga mengurangi pendapatan LVRI selaku pemilik gedung. LVRI merasa keberatan karena masukan dari kegiatan ekonomi di Plaza Semanggi ini merupakan sumber LVRI untuk menghidupi para veteran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.