Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Jembatan Semanggi Bisa ke Plaza Semanggi

Kompas.com - 11/09/2011, 14:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah beberapa kali terjadi ketegangan antara Dinas Perhubungan dan Legiun Veteran Republik Indonesia, akhirnya kini telah terjadi kesepakatan.

Kendaraan dari arah Jembatan Semanggi bisa langsung masuk ke Plaza Semanggi, tetapi konkret beton pembatas tetap dipasang berjajar, memisahkan kendaraan dari arah Jembatan Semanggi dengan kendaraan yang datang dari Jalan Jenderal Sudirman.

Kendaraan dari Jembatan Semanggi yang ingin ke Plaza Semanggi bisa masuk dari celah yang sengaja dibuka, tetapi dijaga oleh dua petugas yang mengatur arus lalu lintas.

Sedangkan kendaraan dari Jalan Jenderal Sudirman tidak boleh memanfaatkan celah itu jika ingin ke Jalan Gatot Subroto. Dengan adanya jalan tengah ini, perseteruan antara Dinas Perhubungan dan LVRI untuk sementara bisa diatasi.

Namun, diharapkan ini bukan jalan keluar permanen mengingat arus di Jembatan Semanggi dan dari arah Slipi masih tersendat cukup lama. Ketegangan ini bermula ketika Dinas Perhubungan menutup akses jalan ke Plaza Semanggi karena dianggap telah menimbulkan kemacetan parah di Jembatan Semanggi dan sekitarnya.

Namun, penutupan akses masuk ke Plaza Semanggi ini telah menurunkan jumlah kunjungan konsumen ke Plaza Semanggi sehingga mengurangi pendapatan LVRI selaku pemilik gedung. LVRI merasa keberatan karena masukan dari kegiatan ekonomi di Plaza Semanggi ini merupakan sumber LVRI untuk menghidupi para veteran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com