Ini Pemicu Bentrok Versi Siswa SMA 6

Kompas.com - 19/09/2011, 21:24 WIB
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Bentrok antara wartawan dan pelajar SMA Negeri 6 di Jalan Mahakam, Jakarta Selatan, Senin (19/9/2011), dilatarbelakangi oleh ketidakpuasan kedua belah pihak. Para siswa menilai wartawan bertindak tanpa etika.

Dalam tulisan di blog pribadinya, siswi kelas XII SMAN 6 Mahakam, Indraswari Pangestu, menuturkan latar belakang kemarahan siswa-siswi SMAN 6 terhadap wartawan yang melakukan aksi damai di sekolah tersebut pada Senin pagi tadi. Ia mengatakan, bentrok itu terjadi karena siswa tak senang melihat seorang yang memanjat gedung sekolah.

"Woi, ngapain lo di sana!" kata Indraswari yang ditulisnya dalam blognya. Mendengar hal itu, kata Indraswari, para guru dan polisi pun meminta agar wartawan tersebut turun dari atas bangunan.

Namun, wartawan itu justru balik mengancam. "Jangan bicara soal etika kepada saya! Awas kamu, saya bisa menuntut!" ujar Indraswari mengutip perkataan wartawan tersebut kepadanya.

Tak hanya itu, Indraswari mengatakan bahwa siswa marah tatkala wartawan mengerumuni siswa yang hendak mengambil sepeda motor dan meninggalkan sekolah. Salah satu siswa terpaksa menjatuhkan kendaraannya dan masuk kembali ke dalam sekolah.

"Setelah itu muncul beberapa kericuhan kecil lagi. Kamera tertuju pada gerbang kami dan meliput kami semua. Banyak dari para wartawan yang memprovokasi para guru," sebut Indraswari.

Kericuhan pun akhirnya berlangsung di hadapan para aparat kepolisian yang berjaga-jaga di tempat tersebut. Tembakan peringatan dari polisi tak dihiraukan. Korban luka berjatuhan dari kedua belah pihak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga kini Kepolisian Resor Jakarta Selatan masih menyelidiki penyebab kejadian tersebut. Wartawan yang terluka telah melaporkan kasus tersebut kepada Polres Jakarta Selatan. Kepala Polres Jaksel Imam Sugianto mengatakan, pihak SMA Negeri 6 juga berencana melaporkan balik.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.