Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Oktober Tak Ada Penumpang Berdiri

Kompas.com - 21/09/2011, 21:03 WIB

PURWOKERTO, KOMPAS.com- Guna meningkatkan pelayanan terhadap penumpang, mulai 1 Oktober 2011 PT Kereta Api Indonesia akan membatasi penumpang sesuai jumlah tempat duduk. Kebijakan ini diberlakukan untuk semua kelas kereta api jarak jauh, baik eksekutif, bisnis, maupun ekonomi. Dengan demikian, tidak akan ada lagi penumpang berdiri di kereta.

Manajer Humas PT KA Daerah Operasional V Purwokerto, Surono, Rabu (21/9/2011), mengatakan, semua tiket yang dijual mulai bulan depan akan dilengkapi nomor tempat duduk. "Kapasitas maksimum penumpang sesuai dengan jumlah tempat duduk yang tersedia di masing-masing kereta (okupansi 100 persen)," terangnya.

Untuk kelas eksekutif misalnya, kapasitas penumpang 50 tempat duduk, kelas bisnis 62 tempat duduk, ekonomi komersial (ekonomi AC) kapasitas penumpang 80 tempat duduk dan kelas ekonomi dengan kapasitas 106 tempat duduk per kereta.

Dengan penerapan kapasitas 100 persen dari tempat duduk ini, diharapkan kenyamanan dan keamanan penumpang meningkat.

Selain itu, pemesanan tiket untuk KA Komersial (eksekutif, bisnis, dan ekonomi AC) akan dilayani 40 hari sebelum hari keberangkatan (H-40). Sedangkan untuk KA Ekonomi dilayani 7 hari sebelum hari keberangkatan (H-7) di semua stasiun yang sudah dilengkapi on line ticketing lengkap dengan nomor tempat duduk.

Dengan kebijakan ini diharapkan masyarakat membiasakan diri memesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan, dan tidak mengandalkan pembelian langsung pada hari H karena kapasitas tempat duduk yang terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com