Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Rugi Investasi Monorel Terlalu Besar

Kompas.com - 22/09/2011, 16:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat transportasi dari Universitas Trisakti, Fransiscus Tribiantoro kepada Kompas, Kamis (22/9/2011) mengatakan PT Jakarta Monorel seharusnya menerima ganti rugi investasi, yang ditawarkan oleh Pemerintah Provinsi DKI.

Jika masih bersikeras, sebaiknya tiang-tiang yang sudah tertanam dicabut dan tidak perlu ganti rugi.

"Yang paling dirugikan dalam kasus tersebut adalah rakyat. Merekalah yang membiayai, dan ternyata harus berhenti di tengah jalan. Ganti rugi yang ditawarkan PT Jakarta Monorel juga terlalu tinggi yakni Rp 600 miliar, sementara perhitungan pemerintah sekitar Rp 204 miliar," katanya.

Dia mengatakan, jika pemerintah benar-benar serius akan memanfaatkan tiang monorel untuk busway maka harus dilakukan re-packaging proyek, dan kemudian dilakukan tender setelah dilakukan audit terlebih dahulu.

"Dengan re-packaging maka proyek bisa dikaji terlebih dahulu. Jadi alternatif bisa banyak, misalnya untuk membangun jalan layang atau untuk busway. Semuanya harus lewat kajian<' paparnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com