Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kelap Kelip Bike to Work Day 2011" Malam Ini

Kompas.com - 23/09/2011, 17:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang tadi pagi belum ikut "nggowes" dan pingin ikut kampanye bersepeda Bike to Work Day 2011, silakan bergabung malam ini, Jumat (23/9/2011) di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senayan.

Acara bertajuk Kelap-Kelip Bike to Work Day ini rencananya akan dimulai sekitar pukul 19.00. Rute yang akan dilalui yaitu Kantor Menpora Senayan - Jalan Gatot Subroto - Semanggi - Jalan Sudirman - Jalan Thamrin - Patung Kuda Indosat - Jalan Thamrin - Jalan Sudirman - dan finis di Kantor Menpora Senayan.

Untuk bersepeda malam hari, ada beberapa tips agar aman dan nyaman. Pertama, pastikan sepeda dalam keadaan baik. Pastikan rem berfungsi dengan baik. Kedua, gunakan lampu putih untuk penerangan dan lampu merah atau reflektor di belakang sehingga mudah dikenali oleh pengguna jalan lainnya.

Kenakanlah pakaian yang mencolok atau putih sehingga mudah dikenali. Ketiga, bawalah perlengkapan seperti toolkit sepeda dan ban serep untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurut Ketua Umum Bike To Work Indonesia, Toto Sugito kegiatan bersepeda malam hari dimaksudkan sebagai kampanye bahwa sepeda merupakan moda transportasi yang bebas macet dan tidak menyebabkan polusi. "Mari kita tunjukkan kepada masyarakat bahwa Jakarta tidak macet asalkan warganya mau menggunakan sepeda,"jelasnya pagi tadi di Kantor Kemenpora.

Bike to Work Day 2011 digelar untuk memeriahkan HUT ke-6 komunitas Bike to Work Indonesia. Selain di Jakarta, Bike to Work Day juga dilakukan di sekitar 100 kota di Indonesia.

Di Solo, Jawa Tengah, Komunitas Bike to Work Chapter Solo menyerahkan donasi sepeda kepada siswa tidak mampu. Sepeda tersebut dirangkai dari onderdil sepeda sumbangan masyarakat Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com