Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasuna-Satrio Sisi Selatan Dapat Dilalui

Kompas.com - 26/09/2011, 09:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkait dengan proyek pembangunan Jalan Layang Non Tol Kampung Melayu-Tanah Abang, akses Jalan Rasuna Said menuju Jalan Satrio sisi selatan yang ditutup selama empat bulan, kembali dibuka pada Minggu (25/9/2011) kemarin. Dengan demikian, para pengguna kendaraan sudah dapat melintasi Jalan Satrio sisi Selatan tersebut.

"Pengeboran di lokasi tersebut sudah selesai. Jalan juga sudah dilakukan pengecoran sejak tanggal 20 September kemarin. Kami hanya menunggu pengeringan jalan saja. Dan sekarang sudah bisa digunakan," kata Kepala Seksi Simpang Tak Sebidang Dinas Pekerjaan Umum (DPU) DKI Jakarta, Heru Suwondo ketika dihubungi, Senin (26/9/2011).

Selama proses pengeboran pada sisi selatan ini memang terjadi banyak kendala. Antara lain, keberadaan pipa air baku yang mengakibatkan pengerjaan harus sangat berhati-hati agar tidak merusak pipa dan menimbulkan kebocoran seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Tidak hanya pipa saja. Kendala lain adalah adanya basement Gedung Cyber sehingga harus koordinasi dengan pihak-pihak terkait," kata Heru.

Akses Jalan Rasuna Said menuju Jalan Satrio sisi selatan ini ditutup pada 21 Mei silam. Lama penutupan ditargetkan hanya selama dua bulan. Namun lantaran terjadi beberapa kendala, jadwal pembukaan akses jalan tersebut mundur selama dua bulan.

Untuk saat ini Dinas Pekerjaan Umum DKI telah menutup akses Jalan Satrio menuju Jalan Rasuna Said sisi utara sejak 11 Mei lalu. Penutupan sisi utara dijadwalkan selama tiga bulan. Pada sisi utara ini juga akan dilakukan pengeboran tiga tiang pancang. Masing-masing tiang terdapat enam bor. Diharapkan pekerjaan di sisi utara ini dapat dilaksanakan sesuai target.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak utilitas terkait dengan pengeboran. Tapi karena tidak ada pipa air baku, kami harapkan bisa sesuai jadwal," ungkapnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan lantaran ditutupnya akses Jalan Rasuna Said ke Jalan Satrio sisi utara, Dinas PU DKI bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI dan Polda Metro Jaya melakukan pengaturan lalu lintas.

Berikut ini jalan alternatif yang disediakan yakni kendaraan dari arah Jalan Satrio (Tanah Abang) yang akan menuju Jalan HR Rasuna Said (Menteng) dapat melalui Jalan Denpasar Raya Utara - Jalan Pedurenan Masjid Raya - ke kanan Jalan HR Rasuna Said dan seterusnya.

Sementara itu, Kendaraan dari arah Jalan Prof DR Satrio (Tanah Abang) yang akan berputar kembali ke Jalan Satrio dapat melalui underpass Casablanca lalu berputar di putaran Casablanca dan seterusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com