Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Teror, Polres Banyumas Siaga Satu

Kompas.com - 26/09/2011, 11:40 WIB

PURWOKERTO, KOMPAS.com — Sebagai langkah antisipasi dini mencegah aksi teror, aparat Kepolisian Resor Banyumas, Jawa Tengah, menetapkan status siaga 1 di semua gereja dan tempat peribadatan di wilayah Purwokerto dan sekitarnya.

Namun, pengamanan hingga beberapa pekan ke depan akan dilakukan secara tertutup untuk menghindari kepanikan warga.

Kepala Kepolisian Resor Banyumas Ajun Komisaris Besar Untung Widiyatmoko, Senin (26/9/2011), mengatakan, pihaknya telah mendapat instruksi dari Polda Jateng untuk mengamankan gereja dan tempat ibadat umat Kristiani hingga beberapa pekan ke depan.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak gereja, seperti pendeta ataupun pastor," katanya.

Hal ini sebagai buntut dari bom bunuh di Gereja Bethel Injil Semesta (GBIS), Kepunton, Solo, pada Minggu siang, yang menyebabkan satu orang tewas, yaitu pelaku bom bunuh diri.

Menurut Untung, pengamanan sejumlah gereja di Banyumas melibatkan ratusan polisi dan aparat polsek terdekat. Polisi juga melakukan patroli 24 jam ke sejumlah gereja. Pengamanan ketat dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya aksi serupa seperti yang terjadi di Solo.

"Pengamanan tidak akan dilakukan secara terang-terangan untuk menghindari kepanikan masyarakat. Selain itu, divisi intel kami juga akan bertugas lebih keras untuk mengantisipasi segala kemungkinan," kata Untung.

Selain itu, aparat kepolisian juga meningkatkan pengamanan di sejumlah obyek vital nasional, seperti kilang minyak Pertamina di Cilacap. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com