Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghargaan IGA untuk Wali Kota Jaksel

Kompas.com - 29/09/2011, 19:19 WIB

JAKARTA-KOMPAS.com — Wali Kota Jakarta Selatan Syahrul Effendi mendapatkan piagam penghargaan Penginspirasi Bumi Indonesia Green Award 2011 yang dikeluarkan berikan oleh La Tofi School of Corporate Social Responsbility (CSR).

Penghargaan tersebut diterima karena telah memberi teladan dengan mengayuh sepeda onthel dua kali dalam seminggu menuju kantornya dan menjadi wali kota pertama di Indonesia yang memprakasai pembangunan jalur sepeda.

Menurut Pemimpin La Tofi School of SCR, gaya hidup tersebut dinilai menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk memiliki gaya hidup sehat dengan bersepeda. ”Namanya penghargaan penginspirasi bumi dengan bersepeda yang dilakukan secara terus-menerus selama 4 tahun. Ini menjadi teladan bagi masyarakat luas,” katanya di Jakarta, Kamis (29/9/2011).

La Tofi juga menilai Syahrul Effendi giat mengampanyekan pembentukan komunitas bersepeda di berbagai daerah dari semua kalangan masyarakat. Ia juga melihat Syahrul berusaha memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pesepeda.

”Ia menjadi wali kota pertama di Indonesia yang memprakarsai pembangunan lajur sepeda,” katanya. La Tofi bersama enam juri lainnya menilai perilaku sehat bersepeda yang konsisten dilakukan tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan warga, tetapi juga kesehatan lingkungan.

”Bersepeda kan berarti menjadi ramah lingkungan dan mengurangi polusi di bumi ini,” tandasnya.

Penilaian dilakukan La Tofi bekerja sama dengan Kementerian Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup, dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Sebanyak tujuh ahli menjadi juri, seperti Direktur A+CSR Indonesia Jalal, Ketua Dewan Kehormatan PWI Tarman Azzam, Sekretaris Jendral Kementerian Kehutanan Hadi Daryanto, Ketua Umum Asosiasi Prfosei CSR Indonesia, Kepala Pusat Humas Kementerian Kehutanan Masyhud, Direktur La Tofi School of CSR Ibnu Hamad, dan pemimpin utama LTSCSR La Tofi.

Selain Syahrul Effendi, Wali Kota Solo Joko Widodo juga mendapat penghargaan serupa di bidang perekonomian karena dinilai mampu membawa perubahan dalam peningkatan kesejahteraan warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com