Jadikan Bersepeda Sebagai Gaya Hidup

Kompas.com - 29/09/2011, 19:23 WIB
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Penghargaan "Penginspirasi Bumi" yang diterima Wali Kota Jakarta Selatan Syahrul Effendi dinilai sebagai bentuk keberhasilan warga, khususnya di Jakarta Selatan, dalam menjaga kesehatan dan lingkungan hidup.

"Ini murni keberhasilan masyarakat, senang kalau memang saya dilihat mampu menularkan kegiatan bersepeda kepada masyarakat dan menjadikannya sebagai sebuah lifestyle," kata Syahrul di kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2011).

Syahrul mengharapkan agar bersepeda bisa menjadi gaya hidup dan menyebar secara merata ke semua lapisan masyarakat. Hal ini dikarenakan bersepeda dapat mengurangi tingkat polusi dan menurunkan potensi terinfeksinya masyarakat dengan penyakit pernapasan, seperti infeksi saluran pernapasan atas.

Syahrul berharap pemerintah Provinsi DKI Jakarta maupun pemerintah pusat dapat benar-benar menjamin keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pesepeda di lajur jalan raya. "Semoga pemerintah memberi ruang bagi para pesepeda karena sepeda juga termasuk dalam jenis angkutan transportasi. Harus menjamin keamanan, kenyamanan di jalan raya, ditambah lajur dan taman bagi pesepedanya," ujarnya.

Syahrul mendapatkan piagam penghargaan "Penginspirasi Bumi" dalam Indonesia Green Award 2011 yang diberikan oleh La Tofi School of Corporate Social Responsibility (CSR). Penghargaan tersebut diberikan kepada Syahrul karena sudah memberi teladan dengan mengayuh sepeda ontel dua kali dalam seminggu menuju kantornya. Ia juga menjadi wali kota pertama di Indonesia yang memprakasai pembangunan jalur sepeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.