Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadikan Bersepeda Sebagai Gaya Hidup

Kompas.com - 29/09/2011, 19:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penghargaan "Penginspirasi Bumi" yang diterima Wali Kota Jakarta Selatan Syahrul Effendi dinilai sebagai bentuk keberhasilan warga, khususnya di Jakarta Selatan, dalam menjaga kesehatan dan lingkungan hidup.

"Ini murni keberhasilan masyarakat, senang kalau memang saya dilihat mampu menularkan kegiatan bersepeda kepada masyarakat dan menjadikannya sebagai sebuah lifestyle," kata Syahrul di kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2011).

Syahrul mengharapkan agar bersepeda bisa menjadi gaya hidup dan menyebar secara merata ke semua lapisan masyarakat. Hal ini dikarenakan bersepeda dapat mengurangi tingkat polusi dan menurunkan potensi terinfeksinya masyarakat dengan penyakit pernapasan, seperti infeksi saluran pernapasan atas.

Syahrul berharap pemerintah Provinsi DKI Jakarta maupun pemerintah pusat dapat benar-benar menjamin keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pesepeda di lajur jalan raya. "Semoga pemerintah memberi ruang bagi para pesepeda karena sepeda juga termasuk dalam jenis angkutan transportasi. Harus menjamin keamanan, kenyamanan di jalan raya, ditambah lajur dan taman bagi pesepedanya," ujarnya.

Syahrul mendapatkan piagam penghargaan "Penginspirasi Bumi" dalam Indonesia Green Award 2011 yang diberikan oleh La Tofi School of Corporate Social Responsibility (CSR). Penghargaan tersebut diberikan kepada Syahrul karena sudah memberi teladan dengan mengayuh sepeda ontel dua kali dalam seminggu menuju kantornya. Ia juga menjadi wali kota pertama di Indonesia yang memprakasai pembangunan jalur sepeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com