Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran Betawi Akan Dipusatkan di Cakung

Kompas.com - 01/10/2011, 02:58 WIB

Jakarta, Kompas - Lebaran Betawi yang jatuh hari Sabtu (1/10) dan Minggu (2/10) akan dipusatkan di lapangan Perkampungan Industri Kecil (PIK) Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

Lebaran Betawi merupakan kelanjutan Lebaran Idul Fitri. Namun, bedanya pada lebaran Betawi, orang-orang muda memberikan bingkisan khusus kepada yang dituakan.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, ”Seperti juga hari Lebaran pada umumnya, pada kesempatan itu warga Betawi akan saling bermaaf-maafan dan menjalin lagi tali silaturahim,” kata Fauzi, Jumat (30/9).

Lebaran Betawi ini tidak hanya diramaikan oleh warga Betawi dari enam wilayah DKI Jakarta, tetapi juga oleh warga Betawi yang ada di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Lebaran Betawi ini merupakan yang keempat kalinya. Kali ini akan melibatkan juga warga Jakarta dari etnis lain. ”Kebersamaan ini menjadi ciri khas warga Betawi dan warga Jakarta pada umumnya. Kita harus terus upayakan agar rasa kebersamaan itu tidak menurun,” kata Fauzi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Fadjar Panjaitan mengatakan, Lebaran Betawi diharapkan bisa menjaga budaya Betawi yang sudah dilestarikan secara turun-temurun.

”Dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, kami berharap ada sinergi antara masyarakat dan pemerintah. Program-program pemerintah bisa berjalan seiring dengan perkembangan dan kemajuan budaya Betawi,” kata Fadjar Panjaitan.

Tradisi dalam Lebaran Betawi adalah melakukan hantaran atau pemberian hadiah dari yang muda kepada yang lebih dituakan. Hantarannya biasanya berupa berbagai macam makanan khas Betawi.

Jadinya, wali kota dan bupati didampingi para camat masing-masing akan menghantarkan makanan yang jadi ciri khas wilayahnya kepada Gubernur dan Ketua Badan Musyawarah Betawi.

Makanan khas Betawi yang akan dibawakan, antara lain, adalah kerak telor, tape uli, nasi uduk, pecak gurami, gabus pucung, sayur asem, wajik dodol, dan bir pletok.

Lebaran Betawi akan dimeriahkan juga dengan acara pameran foto, pameran perhiasan, pakaian Betawi, lomba budaya Betawi, bazar, demo pembuatan batik Betawi, peragaan busana, atraksi pencak silat, wayang kulit Betawi (Sabtu, pukul 21.00), atau pertunjukan layar tancap (Minggu, pukul 19.30). (ARN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com