Lebaran Betawi Dimeriahkan 25.000 Orang

Kompas.com - 01/10/2011, 16:09 WIB
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com- Lebaran Betawi yang digelar di Perkampungan Industri Kecil Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2011), dipadati 25.000 pengunjung. Lebaran yang baru keempat kalinya digelar ini menjadi ajang temu kangen sesama warga Betawi sekaligus wisata kuliner Betawi.

Mereka juga menikmati suasana kampung besar Jakarta masa lalu dengan alunan musik gambang kromong, ondel-ondel, rumah tradisional betawi, Lenong (Bolot cs), batik betawi, irama gambus,dan juga dangdut yang akan dimeriahkan oleh Cici Paramida, Krisna Mukti, dan lain-lain.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo yang hadir membuka acara ini mengatakan, "Lebaran Betawi memiliki arti penting dan merupakan momentum strategis untuk melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan budaya Betawi serta meneguhkan kehidupan warga Jakarta yang agamis, toleran, terbuka, akrab dalam pergaulan dan penuh persaudaraan," kata Fauzi.

Lebaran Betawi ini dihadiri oleh Ketua Umum Bamus Betawi Nachrowi Ramli, Ketua Dewan Pembina Fauzi Bowo, Ketua Dewan Kehormatan Edy M Nalapraya, Ketua Dewan Penasehat Effendi Yusuf, jajaran Muspida Provinsi DKI Jakarta, tokoh masyarakat Jakarta, perwakilan etnis Nusantara, ulama dan habaib Betawi, Bupati dan Walikota Bogor, Tanggerang, Depok serta Bekasi. Singkatnya, silaturahim ulama, umaro dan masyarakat secara masal (silaturahmi akbar).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.