Pengerjaan JLNT Antasari-Blok M Berjalan Lambat

Kompas.com - 05/10/2011, 17:33 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengerjaan proyek Jalan Layang Non-Tol (JLNT) Tanah Abang-Kampung Melayu dan Antasari-Blok M hingga saat ini masih berlangsung. Namun, perkembangan pengerjaan paket Antasari-Blok M  lebih lambat daripada paket Kampung Melayu-Tanah Abang yang saat ini sampai 31,5 persen.

"Paket Antasari-Blok M itu baru 27 persen. Proyek lebih lama karena pemasangan pier head hanya dilakukan pada malam hari saja," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Ery Basworo di Jakarta, Rabu (5/10/2011).

Kendati demikian, ia menjelaskan, pelaksanaan proyek kedua JLNT ini sesuai target. Selain itu akan diusahakan kedua jalur ini selesai dalam waktu yang bersamaan meskipun ada beberapa masalah.

"Casablanca juga banyak permasalahan, tetapi tetap lebih cepat. Tapi, kami akan kejar sehingga bisa selesai bersamaan," kata Ery.

Ia mengungkapkan, bagian tersulit pada jalur JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang adalah bagian yang menyeberangi Sudirman. Karena itu, di jalan sepanjang 110 meter yang menghubungkan Jalan Prof Dr Satrio dan Jalan KH Mas Mansyur dilakukan pengecoran box girder (penampang jalan) langsung di tempat.

"Jadi, pengecoran box girder-nya langsung di atas saat dipasang," tutur Ery.

Sementara itu, untuk Antasari-Blok M, pemasangan box girder-nya ada dua metode, yakni lifting box girder (pengangkatan penampang jalan) yang menggunakan frame dan gantry form traveler (gantungan rel berjalan). Dari lima paket JLNT Antasari-Blok M, paket Prapanca sudah hampir selesai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Paket Prapanca sudah hampir closure," tandas Ery.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.