Chairul Tanjung: Lihat Hambatan Sebagai Peluang

Kompas.com - 10/10/2011, 17:53 WIB
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemimpin dan pendiri Para Groups, Chairul Tanjung, menyebutkan hambatan bukanlah suatu yang menakutkan dalam suatu industri. Hambatan justru harus dilihat sisi positifnya.

Hal ini dikemukakannya sebagai jawaban atas sejumlah pertanyaan terkait dengan hambatan di industri media yang diajukan oleh peserta rapat kerja pimpinan Kompas Gramedia, di Hotel Santika, Jakarta, Senin (10/10/2011).

"Lihat hambatan itu adalah sesuatu opportunity for us," ujar Chairul. Kenapa demikian? Ia menyebutkan, jika semuanya jelas atau hambatan kecil, kompetisi pun akan semakin ketat seiring dengan banyaknya pemain yang masuk dalam suatu industri. "We will be coming with the near low margin," ucap dia sebagai dampak lanjutannya.

Jadi, ia berujar, lihat hambatan secara terbalik. Baginya, regulasi yang kacau atau faktor lainnya dengan kondisi yang sama merupakan suatu keuntungan. Karena, terang dia, sebagai pemain di suatu industri dengan banyak hambatan, bisa menetapkan harga yang sesuai marjin yang diinginkan. Sebab masih sedikit pemain yang masuk ke industri tersebut.

Walaupun demikian, selaku Ketua Komite Ekonomi Nasional, ia pun berusaha terus mendorong pemerintah untuk mengatasi sejumlah hambatan dalam industri nasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.