Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik Terganggu, KRL "Commuterline" Tersendat

Kompas.com - 11/10/2011, 11:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jadwal perjalanan kereta rel listrik (KRL) commuterline arah Serpong menuju Tanah Abang-Manggarai pada Selasa (11/10/2011) pagi terganggu menyusul gangguan listrik. Sebelumnya pada Selasa subuh hal itu juga terjadi.

Pengamatan di Stasiun Kebayoran pukul 10.30, kereta tujuan Manggarai dari Serpong jadwal keberangkatan dari Stasiun Sudimara pukul 09.44 terhenti di Stasiun Kebayoran karena alasan terhentinya aliran listrik.

Pengumuman PT KAI di Stasiun Kebayoran, kereta tersebut terhenti karena gangguan aliran listrik.

Pada Selasa subuh, commuter yang seharusnya tiba di Stasiun Pondok Ranji, Bintaro Jaya, tidak muncul karena alasan yang sama. Akhirnya, commuter pertama ini baru muncul menjelang pukul 06.00 sehingga terlambat hampir 30 menit.

"Ini biasa terjadi, kemarin-kemarin juga seperti ini, jamnya ya sama. Saya juga heran kenapa sering mati listrik begini, apa nunggak ke PLN, ya?" kata seorang penumpang, Agus (30) .

Agus mengatakan, gangguan listrik seperti ini kerap terjadi dan biasanya mengakibatkan penumpang menunggu hingga 30 menit.

"Urusan kami menjadi terganggu, naik kendaraan mobil salah, macet, naik kereta sering seperti ini," keluh Agus.

Penumpang lainnya, Rita (42) mengaku kebingungan apakah harus berganti moda atau menunggu hingga perbaikan listrik selesai.

"Ini stasiun kebayoran disebelah mana ya, jauh nggak ya, saya perlu ke Cikini, kalau nyambung dari sini jauh sekali," katanya.

Rita mengatakan, urusan bisnisnya sudah pasti terganggu karena matinya aliran listrik ini.

Gangguan perjalanan KRL kerap terjadi. Pekan lalu KRL tujuan yang sama terlambat karena ada rel yang patah di antara Stasiun Palmerah dan Tanah Abang. Meski akhirnya perjalanan kereta itu bisa dilanjutkan, terlambat hampir 30 menit.

Para penumpang berharap kejadian ini tidak terulang karena menganggu kegiatan mereka, padahal mereka berharap banyak pada layanan kereta api.

Belum ada konfirmasi resmi tentang gangguan teknis ini dari PT KAI, dan hingga pukul 10.35 kereta masih berhenti di jalur dua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com