Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Demo, Kantor Gubernur Ditutup

Kompas.com - 13/10/2011, 11:49 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Ratusan buruh dari perwakilan berbagai perusahaan di Jawa Tengah, Kamis (13/10/2011) sekitar pukul 10.30 melancarkan aksi demontrasi ke Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan, Semarang.

Akibatnya ada aksi ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional itu, pintu gerbang Kantor Gubernur Jateng ditutup rapat. Tak kurang satu peleton polisi dari Kepolisian Resort Kota Besar Semarang turut berjaga-jaga di dalam kompleks Kantor Gubernur Jateng.

Aksi unjuk rasa para buruh itu, juga memaksa petugas kepolisian menutup jalur Jalan Pahlawan dari arus lalu lintas. Jalan Pahlawan yang merupakan jalan protokol di Kota Semarang itu, praktis selama aksi berlangsung tertutup untuk arus lalu lintas kendaraan mobil kecuali sepeda motor.

Sejumlah pekerja yang turut aksi unjuk rasa mengatakan, mereka menuntut penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota sesuai dengan Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Kebutuhan Hidup Layak bagi buruh di Kota Semarang pada 2012 minimal sebesar Rp 1.7 juta per bulan.

Tuntutan kami supaya gubernur memperhatikan aspirasi para buruh dalam penetapan UMK 2012 untuk standar di Kota Semarang sudah waktunya sekitar Rp 1,4 juta per bulan, ujar Sriyati, buruh dari Ungaran, Kabupaten Semarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com