Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Ranjau Paku di Jalan-jalan Utama Jakarta!

Kompas.com - 13/10/2011, 18:45 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bagi para pengendara sepeda motor sebaiknya meningkatkan kewaspadaan saat melintas di jalan-jalan utama di Jakarta dan Bekasi. Pasalnya, di beberapa titik jalan itu mulai rawan akan ranjau paku yang disebar oleh pihak yang berusaha merobek ban kendaraan untuk mencari keuntungan.

Kepala Bagian Pembinaan dan Operasional Ajun Komisaris Besar Lutfi Usman, mengatakan, Polda Metro Jaya kini mulai menyisir beberapa lokasi yang dianggap rawan ranjau paku. Titik-titik itu seperti di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan; Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat; Jalan Sultan Agung; serta dari Traffic Light Pondok Ungu sampai jembatan Banjir Kanal Timur, Cakung, Bekasi.

"Kami mulai meningkatkan penyisiran di wilayah-wilayah itu karena mulai menjadi keresahan masyarakat," ungkap Latif, Kamis (13/10/2011) di Mapolda Metro Jaya.

Penyisiran dilakukan dengan mengerahkan kendaraan golf yang dimodifikasi bagian depannya dengan dipasang papan magnet untuk menyisir jalan. Penyisiran dilakukan setiap pagi sekitar pukul 05.30 sebelum masyarakat berangkat beraktivitas. Hasilnya, bulan September Polres Metro Bekasi Kota berhasil mengamankan sekitar 4.304 paku yang sengaja disebar di Jalan Sultan Agung, Cakung, Bekasi.

"Kalau yang lain datanya belum masuk, tetapi peningkatan penyisiran ini sudah dilakukan sejak September," kata Latif.

Latif menduga, meski belum ada yang tertangkap tangan, para pelaku sengaja menyebar paku untuk melakukan tindak kejahatan jalanan seperti perampasan atau hanya untuk sekadar menarik keuntungan untuk bisnis tambal ban.

"Kami menduga mereka kerja sama dengan tukang tambal ban supaya mengeruk keuntungan. Tetapi, kejahatan jalanan lain seperti perampasan juga kami antisipasi," imbuhnya.

Para pelaku ini, kata Latif, juga biasa menyebar paku pada malam, sore, dan pagi hari. Untuk melancarkan aksinya, pelaku sengaja membengkokan paku sehingga bisa langsung menancap di ban saat sepeda motor melintas.

"Paku-paku itu juga sengaja disebar di jalur kiri karena motor-motor lebih banyak melintas di sana," papar Latif.

Sebelumnya, seorang pengendara sepeda motor, Ananda Badudu (23) mengalami nasib malang saat melintas di Jalan Gatot Subroto dari arah Slipi menuju Semanggi pada tanggal 26 September 2011 lalu. Ban belakang motornya tiba-tiba bocor di dekat gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada pukul 23.00.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com