Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Pemberitahuan, Tiba-tiba Kami Mau Digusur

Kompas.com - 14/10/2011, 13:16 WIB
Fransisca Romana Ninik

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kampung Guji Baru RT 5 RW 2, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, yang menjadi sumber bentrokan pada Jumat (14/10/2011) pagi ini dihuni sebagian besar oleh pemulung. Sekitar 80 rumah di tempat itu merupakan bangunan semipermanen.

Di sejumlah sudut bertumpuk barang-barang bekas. Botol-botol minuman kemasan, plastik, dan kardus diwadahi karung-karung besar diletakkan di samping dan depan rumah.

Menurut penuturan warga, mereka sudah puluhan tahun tinggal di tempat itu. "Saya tinggal disini sejak tahun 1974. Waktu itu masih rawa-rawa," kata Paulus Utun (63).

Dia menuturkan, tadi pagi sekelompok orang datang hendak menggusur rumah mereka tanpa pemberitahuan apa-apa. Namun, mereka juga mengaku tak tahu kejelasan kepemilikan tanah itu. "Saya takut karena tiba-tiba banyak orang datang mau main bongkar rumah di kampung kami," ujar Ros (54), salah satu warga, yang sudah 10 tahun tinggal di situ.

Akhirnya, bentrok massa tak terhindarkan. Warga melawan kelompok orang yang datang mau membongkar rumah mereka. Warga yang marah membakar satu metromini dan tiga sepeda motor milik orang-orang yang datang itu.

Ratusan polisi dikerahkan untuk menghalangi warga yang mengamuk dan mengamankan kelompok orang yang datang. Ada sekitar 100 orang diangkut dengan metromini dan satu truk polisi ke markas Polda Metro Jaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com