Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilukada DKI Kemungkinan Dimajukan

Kompas.com - 19/10/2011, 17:18 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) DKI Jakarta kemungkinan akan dimajukan ke tanggal 11 Juli 2012. Alasan yang dikemukakan pihak KPU DKI Jakarta adalah jadwal semula, 8 Agustus 2012, bertepatan dengan bulan Ramadhan atau bulan puasa.

"Banyak hal teknis yang bisa menjadi kendala kalau (Pemilukada) diadakan pada bulan puasa," terang Yuri Ardianto, Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, kepada wartawan di kantornya, Jalan Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat, Rabu (19/10/2011).

Pihaknya, lanjut Yuri, sudah mengusulkan pemajuan jadwal tersebut kepada KPU Pusat. Penetapan resmi tanggal Pemilukada diperkirakan sudah bisa diperoleh pada akhir bulan ini. Ia lantas menjelaskan sejumlah masalah teknis yang bisa bermunculan jika pemilukada berlangsung pada bulan puasa.

"Pastinya masa kampanye juga di bulan puasa. Nanti bisa muncul persepsi berbeda, sedekah, beramal atau politik uang, buka bersama atau kampanye tertutup. Semuanya bisa abu-abu," tutur Yuri.

Untuk menghindari kekaburan penafsiran aturan kampanye serta adanya praktek kecurangan dan manipulasi tersebut, pihaknya telah meminta persetujuan KPU untuk memajukan jadwal Pemilukada. Selain itu, potensi minimnya partisipasi pemilih menjadi pertimbangan pihaknya untuk memajukan jadwal.

"Kemungkinan banyak pemilih sudah pulang kampung, mudik," kata Yuri menjelaskan alasan lainnya.

KPU DKI Jakarta hari ini mengadakan audiensi dengan pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur Faisal Basri - Biem Benyamin. Waktu pelaksanaan pemilukada menjadi salah satu poin pertanyaan pihak Faisal-Biem. Selain itu, Tim Faisal-Biem juga menanyakan jadwal tahapan-tahapan dalam pemilukada, jumlah penduduk dan pemilih, dan prosedur dukungan bagi calon independen/perseorangan.

Terkait jadwal tahapan lainnya, pihak KPU menjelaskan, penyerahan berkas dukungan warga dan verifikasi berkas tersebut akan berlangsung pada 8 - 12 Februari 2011. Sedangkan, waktu pendaftaran calon akan berlangsung pada 11 - 19 Maret 2011.

"Tentunya, pasangan calon tersebut adalah yang sudah diverifikasi berkas-berkas dukungannya," jelas Yuri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com